Rutin Belajar Tematik

Kamis, 28 November 2013 12:02:32 - Posting by redaksi - 563 views

Untuk meningkatkan proses pembelajaran, TK Negeri Pembina 2 Malang rutin menggelar pembelajaran langsung ke berbagai tempat. Seperti akhir pekan lalu, 120 siswa siswi TK Negeri Pembina 2 Malang di boyong ke Balai Pembudidayaan dan Pemuliaan Tanaman (BPPT) Karang Ploso. Disana mereka melakukan belajar hewan dan tumbuhan.

BPPT dijadikan tempat pembelajaran langsung karena dinilai sangat tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Anak didik TK Negeri Pembina 2 Malang dapat mengenal, mengerti, paham dan memberi makan secara langsung berbagai macam hewan peliharaan seperti ikan, kelinci, kambing dan ayam. Selain dapat mengenal dan tahu secara nyata berbagai jenis hewan, anak didik TK Negeri Pembina 2 Malang juga dikenalkan dengan berbagai sayuran serta tanaman hias seperti kangkung, cabe, tomat, paprika padi, mawar, anggrek dan lain sebagainya.

Tidak hanya mengenal dan tahu berbagai macam sayuran serta tanaman hias saja, namun anak didik juga diajak untuk berkarya layaknya seorang petani seperti menanam padi, memberi pupuk serta memanen sayur kangkung. Sehingga dari kegiatan ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan jiwa kemandirian anak karena orang tua siswa tidak menyertai mereka, lebih percaya diri karena mereka berani untuk memegang berbagai macam hewan yang mungkin sebelumnya mereka takuti, berani untuk bertanya akan hal - hal yang tidak mereka ketahui, serta memberikan pengetahuan secara langsung dan nyata.

“Pembelajaran langsung adalah program kerjaTK Negeri Pembina 2 Malang yang diadakan secara periodik, tergantung dari tema pembelajaran yang saat itu diberikan kepada anak didik. Sehingga dari pembelajaran langsung ini anak lebih mudah untuk dapat memahami materi pembelajaran yang telah kami berikan di kelas sebelumnya. “jelas kepala TK Negeri Pembina 2 Malang, Setyowati, S.Pd, M.Pd..fan-KP

Tags #belajar #rutin #tematik